TRIK RAHASIA MENULIS 500–700 KATA DALAM 30 MENIT

menulis-cepat

Pasti para blogger semua melakukan hal  ini, pernah untuk posting artikel yang sudah tersedia materinya dan semua sudah ada di kepala namun kita hanya dapat 2 – 3 paragraf saja dengan rata-rata 100 – 200 kata. Padahal idealnya dalam waktu sejam kita mampu menghasilkan 6 - 7 paragraf dengan rata – rata 500 – 700 kata. Mengapa demikian ?

Hal itu bisa terjadi karena kita memaksakan tulisan kita sempurna (menulis sambil mengedit), ditambah lagi kita berusaha memperbaiki setiap kata demi kata sesuai dengan ejaan yang disempurnakan (EYD).

Untuk mengatasi permasalahan tersebut, yang perlu anda lakukan adalah menulis tanpa mengedit. Caranya sebagai berikut :

1. Hindari menekan tombol backspace.
Teruslah menulis,berjanji dan berusahalah untuk tidak menekan tombol backspace pada keyboard komputer atau laptop Anda. Jika perlu, tutupilah tombol backspace dengan benda seperti buku kecil atau HP jika perlu. Hal itu sangat berguna untuk mencegah penekanan tombol. Jangan memperbaiki kata yang salah ketik atau yang tidak sesuai dengan ejaan yang disempurnakan (EYD). Teruslah menulis tanpa menekan tombol sampai benar-benar selesai menulis, setelah selesai menulis baru edit tulisan anda dengan tulisan yang benar dan sesuai EYD.
2. Jangan tunda menulis ketika ide sedang muncul di kepala.
Tulislah ide apa pun yang muncul di kepala Anda terkait dengan topik yang sedang ditulis. Jangan pedulikan yang Anda tulis itu benar atau tidak. Jangan pikirkan pendahuluan yang Anda buat sudah menarik atau belum. Jangan hiraukan koherensi tiap paragraf yang Anda buat. Pokoknya, teruslah menulis semua ide yang muncul di kepala Anda sampai habis atau jumlah kata yang diinginkan terpenuhi misalnya 600 kata.
Mengapa demikian?
Karena menulis adalah kegiatan otak kanan yang erat kaitannya dengan kreativitas atau tanpa logika. Dengan kata lain, biarkan diri Anda menulis sebebas dan sebanyak mungkin tanpa terbelenggu aturan EYD dan sejenisnya. Setelah menulis, barulah edit tulisan Anda (tahap ini Anda menggunakan otak kiri).
Dengan menerapkan cara tersebut, Anda akan nyaman menulis dan lebih produktif dibanding sebelumnya. Memang butuh kedisiplinan melakukannya, namun itu akan membuat Anda menulis secepat dan sebanyak mungkin. Cobalah dan tetap semangat !




Tidak ada komentar:

Posting Komentar